BIOPORI ™
Teknologi Tepat Guna Ramah Lingkungan
  forum diskusi  
RESAPKAN AIR HUJAN MENJADI AIR TANAH (RAHMAT)

 

   

 
 

LOKASI PEMBUATAN

Lubang resapan biopori (LRB) dibuat ditempat yang bebas dari lalu-lalang orang terutama anak-anak. Oleh karena itu penempatannya harus diatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan landscape yang ada. Karena fungsinya sebagai peresap air maka penempatan LRB dilakukan di lokasi dimana air secara alami akan cenderung berkumpul atau air tersebut diarahkan ke tempat dimana lubang resapan biopori berada. Air dapat diarahkan dengan membuat alur, dan lubang resapan dibuat pada dasar alur tersebut. Adanya alur tidak akan menyebabkan orang tertarik untuk mendatangi dan atau menginjaknya.

Lubang resapan biopori dapat dibuat di dasar saluran yang semula dibuat untuk membuang air hujan (Gambar 1 dan Gambar 2), di dasar alur yang dibuat di sekeliling batang pohon (Gambar 3.) atau pada batas taman (Gambar 4.)

 
 
Gambar 1. LRB pada Dasar Saluran
 
Gambar 2
Merubah Saluran Pembuang Air Hujan Menjadi Saluran Peresap Air Hujan
 
Penempatan LRB pada dasar saluran pembuangan air hujan akan mengubah fungsi saluran dari sebagai saluran pembuang menjadi saluran peresap air hujan. Dengan demikian, air hujan akan diresapkan di halaman rumah kita sendiri dan tidak menjadi beban pada saluran drainase umum dan tidak menjadi salah satu penyumbang aliran permukaan (genangan atau bahkan banjir) di tempat lain.
 
Gambar 3 . LRB di Sekeliling Pohon
 
Dengan kehadiran LRB di sekitar pohon akan tercipta suatu siklus (peredaran) hara yang baik. Unsur-unsur hara yang diambil dari dalam tanah oleh tanaman akan menjadi bagian dari tanaman tersebut seperti daun, batang, dan buah. Daun dan ranting yang rontok atau dipangkas, dan sisa buah yang tidak habis dimakan akan kembali kedalam tanah jika mereka dimasukkan kedalam LRB di sekeliling tanaman. Selanjutnya melalui proses dekomposisi mereka akan berubah menjadi sumber unsur hara bagi tanaman itu sendiri. Dengan demikian, proses pengurasan unsur hara oleh tanaman (baca: pemiskinan kesuburan tanah) berkurang, kesuburan tanah dapat dipertahankan dan kebutuhan pupuk kimiawi dapat dikurangi.
 
Gambar 4 . LRB pada Batas Taman
 
Gambar 5 .Sampah Taman
 
Pangkasan rumput dan tanaman sering menimbulkan masalah sampah (Gambar 5.). Solusi dengan dibakar justru melepaskan CO2 ke udara sehingga fungsi tanaman sebagai penangkap gas rumah kaca menjadi bias. LRB diharapkan berfungsi sebagai tambatan carbon, dengan membenamkan sampah organik kedalamnya. OLeh karena itu dengan menempatkan LRB disekitar tanaman dalam taman dapat membantu mengatasi sampah taman, meringkankan perkerjaan tukang kebun karena tempat sampat tersedia di tempat, dan mengurangi beban tempat pembuangan sampah karena sampah dibuang di tempat dimana sampah dihasilkan.

  

 

Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari Tim Biopori IPB